Meskipun Excel dilengkapi dengan ratusan fungsi untuk menyelesaikan berbagai macam kasus tapi dari ratusan fungsi tersebut hanya sebagian yang dapat digunakan oleh pengguna Excel.
Pembahasan kali ini akan mengupas pemjelasan beberapa fungsi terapan untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan yang dihadapi.
A. Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data numerik (angka/bilangan) yang terdapat beberapa sel atau range.
Untuk lebih jelas bagaimana cara menerapkan rumus SUM perhatikan studi kasus dibawah ini:
- Menjumlahkan seluruh jumlah transaksi yang ada di tabel atau gambar dibawah ini:
Studi Kasus1 |
Untuk menyelesaikan kasus pada gambar diatas adalah :
Tempatkan kursor pada sel F10, kemudian ketik rumus =SUM(F3:F9)
B. Fungsi SUMIF
Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data numerik (angka/bilangan) pada suatu range sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Untuk lebih jelas bagaimana cara menerapkan rumus SUMIF perhatikan studi kasus dibawah ini:
- Menjumlahkan seluruh jumlah transaksi yang ada di wilayah JAKARTA saja yang ada di tabel atau gambar dibawah ini:
Studi Kasus2 |
Untuk menyelesaikan kasus pada gambar diatas adalah :
Tempatkan kursor pada sel F10, kemudian ketik rumus =SUMIF(D3:D9,E10,F3:F9)
C. Fungsi SUMIFS
Fungsi SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data numerik (angka/bilangan) pada suatu range sesuai dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan (fungsi SUMIF hanya satu kriteria).
Untuk lebih jelas bagaimana cara menerapkan rumus SUMIFS perhatikan studi kasus dibawah ini:
-Menjumlahkan seluruh transaksi dengan wilayah BANDUNG dengan nama LESMANA yang ada di tabel atau gambar dibawah ini:
Studi Kasus3 |
Untuk menyelesaikan kasus pada gambar diatas adalah :
Tempatkan kursor pada sel F10, kemudian ketik rumus =SUMIFS(F3:F9,D3:D9,E10,E3:E9,E11)
Demikian artikel tentang pembahasan fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita tentang rumus excel.